Tips Memenangkan Persaingan Usaha

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan bisnis online semakin dilirik para pelaku usaha di Indonesia. Bahkan sekarang ini tidak hanya para pemula saja yang tertarik menekuni bisnis online, namun banyak juga pengusaha yang telah sukses menjalankan bisnisnya via offline, kini mulai melirik pemasaran online untuk melebarkan sayap kesuksesannya.

Meningkatnya minat masyarakat dan besarnya peluang pasar, menjadi salah satu alasan bagi para pelaku usaha untuk beralih dari bisnis konvensional ke bisnis online. Hal ini tentunya tidak hanya memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis di internet, namun juga memicu persaingan pasar yang semakin ketat antar pelaku usaha.

Karenanya, para pemula maupun blogger yang telah lama menekuni bisnis di dunia maya, dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya. Tanpa didukung sebuah inovasi, bisa dipastikan bila konsumen akan cepat bosan dengan bisnis online Anda dan memilih berpaling ke perusahaan lain.

Nah, untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut menimpa bisnis Anda. Berikut ini kami informasikan beberapa tips jitu inovasi bisnis online yang perlu Anda lakukan untuk memenangkan persaingan pasar. 

1. Publikasikan setiap inovasi baru yang Anda ciptakan.
Sebagai pelaku bisnis online, tentunya Anda harus berperan aktif untuk mempublikasikan produk maupun pelayanan baru yang Anda tawarkan. Dengan mempublikasikan inovasi baru yang Anda ciptakan, maka konsumen lebih mudah mengingat inovasi tersebut dan memperbesar peluang Anda untuk menarik minat konsumen. Contohnya saja seperti mengirimkan katalog produk terbaru kepada para pelanggan, atau mencantumkan status “beta” pada website Anda yang sedang disempurnakan (diperbaharui). 

2. Ciptakan inovasi baru untuk memanjakan para konsumen
Setiap konsumen pastinya akan senang bila mendapatkan pelayanan prima dari para penjualnya. Karena itu, sebisa mungkin lakukan inovasi baru untuk memanjakan para konsumen Anda. Misalnya saja melayani konsumen dengan pendekatan personal, memenuhi kebutuhan konsumen dengan akses yang cepat dan tepat, memberikan fasilitas forum online bagi pelanggan untuk berkumpul dengan komunitasnya, serta masih banyak lagi pelayanan online lainnya yang bisa Anda tawarkan kepada para pelanggan setia. 

3. Buatlah inovasi yang menarik minat konsumen
Usahakan inovasi yang Anda tawarkan bisa memancing rasa penasaran calon konsumen. Ketika calon konsumen mulai penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan, maka selanjutnya mereka akan lebih mudah tertarik dan akhirnya tidak ragu untuk mencoba inovasi tersebut. Anda bisa menciptakan rasa penasaran konsumen melalui foto, video, maupun media lainnya yang mempermudah para calon konsumen untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. 

4. Sesuaikan inovasi bisnis Anda dengan perkembangan teknologi
Dalam menciptakan sebuah inovasi, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan perkembangan teknologi yang sedang booming saat ini. Hal ini penting agar bisnis Anda tidak ketinggalan jaman dan berani bersaing dengan perusahaan lain. Untuk itu, lakukan riset secara rutin agar Anda bisa memantau perkembangan teknologi yang sedang booming, dan manfaatkan moment tersebut untuk menciptakan ide brilian guna menarik minat pelanggan. Contohnya saja dengan mengadakan kompetisi SEO ataupun lomba desain website yang sekarang ini digandrungi para blogger. 

5. Lakukan inovasi untuk menciptakan perubahan baru
Ciptakan sebuah perubahan untuk memberikan manfaat baru bagi para pelanggan. Inovasi inilah yang mengantarkan pendiri Google, Microsoft, Facebook, maupun Twitter, mencapai puncak kesuksesannya. Melalui ide besar yang mereka ciptakan, kini inovasi yang dihasilkan bisa memberikan kebermanfaatan bagi para konsumen dan berhasil mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih familiar terhadap perkembangan teknologi dan informasi.

6 Ide Bisnis Rumahan Yang Sukses

Menghasilkan uang untuk keluarga dan masa depan Anda tidak harus selalu dari dalam ruangan gedung perkantoran ber-AC. Dari sudut nyaman rumah Anda sendiri pun, Anda bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Pemilihan usaha rumahan yang tepat serta pengelolaannya yang benar bisa dapat mendatangkan keuntungan yang tinggi untuk Anda. Terutama bagi para Ibu rumah tangga yang dapat membantu suami mendapatkan tambahan penghasilan namun tetap bisa melayani suami dan mengurus anak-anaknya di rumah.

Inspirasi usaha rumahan

Berikut adalah 6 inspirasi usaha rumahan yang bisa Anda jalankan, di antaranya:


Kerajinan Tangan
Bagi Anda yang hobi atau gemar membuat perhiasan sendiri, coba pertimbangkan untuk memulai usaha rumahan dengan menjual hasil kerajinan Anda melalui internet. Fotolah barang yang Anda ingin jual dan masukan ke website. Anda bisa menjualnya melalui website Anda sendiri atau toko online yang menyediakan jasa untuk menjual barang di sana. untuk menjual di tempat ini, biasanya Anda akan dikenai biaya, namun pembeli akan lebih mudah menemukan produk Anda.

Blogging
Anda hobi menulis di blog dan blog Anda banyak dikunjungi oleh pembaca? Anda bisa juga mendapatkan pengasilan penuh dari sini. Caranya, Anda mendaftar ke akun pay-per-click seperti di Google Adsense, yang nanti akan menempatkan iklan di blog Anda. Semakin banyak pengunjung di website Anda, semakin banyak kesempatan Anda mendapatkan uang ketika pengunjung meng-klik iklan dari Google tersebut.

Perpustakaan Rumah
Harga buku yang semakin mahal membuat beberapa orang lebih memilih untuk menyewakan ketimbang membelinya. Nah, ini bisa anda jadikan peluang untuk usaha rumahan anda. Apalagi bila Anda termasuk ahli dalam mengatur barang dan cinta pada buku. Manfaatkanlah koleksi buku di rumah Anda untuk usaha rumahan ini. Buku yang bisa Anda sewakan pun beragam jenisnya, mulai dari komik, novel, hingga buku pengetahuan umum.

Guru privat
Bila Anda menyukai hal-hal yang berkaitan dengan ngajar-mengajar, Anda bisa memulai usaha rumahan dengan menjadi guru privat. Anda bisa mengajar murid di rumah Anda, di rumah mereka atau bisa juga di perpustakaan. Cobalah untuk mendaftar ke komunitas guru privat atau lembaga yang khusus membawahi guru-guru privat. Selain bisa saling bertukar ilmu, Anda juga bisa mendapatkan info mengenai lowongan guru privat dari mereka.

Translator
Anda memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu bahasa? Nah, manfaatkan saja kemampuan Anda ini dengan menjadi freelance translator. Banyak perusahaan yang memerlukan dokumen mereka diterjemahkan oleh penerjemah yang ahli. Atau bila Anda gemar membaca buku, Anda bisa juga melamar menjadi freelance translator untuk novel-novel luar. Biasanya Anda akan dites untuk kelancaran bahasa seperti grammar.

Toko eBay Pribadi
Toko lelang digital seperti eBay tentunya sudah tak asing lagi di telinga Anda. Nah Anda bisa menaruh barang-barang yang ingin Anda lelang di situs ini. Barang-barang yang bisa Anda lelang pun beragam, mulai dari barang antik, komik atau buku langka dan sebagainya. Pembayaran biasanya akan dilakukan melalui Paypal dan Anda akan mengirim barangnya langsung ke pembeli.

Faktor Yang Menyebabkan Usaha Tidak Maju

Banyak pebisnis yang menitikberatkan kegiatan usaha pada pelaksanaan strategi pemasaran produknya. Tetapi tidak sedikit yang merasa dikecewakan dengan hasil penjualan produk yang tidak sesuai dengan target yang diinginkan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan konsumen memiliki hak penuh dalam membuat suatu keputusan pembelian, sedangkan strategi pemasaran sebagai kegiatan persuasif atau membujuk konsumen untuk membeli suatu produk.

Jika Anda merupakan pebisnis yang merasa produk tidak laku, sebaiknya memperhatikan dan mempertimbangkan dengan baik alasan-alasan konsumen tidak membeli produk Anda. Selanjutnya mengevaluasi dari setiap alasan yang diberikan, sehingga dapat membuat strategi pemasaran yang tepat sasaran. 

Ada berbagai macam alasan mengapa produk tidak laku atau kurang diminati oleh target pasar, seperti pemasaran gagal, harga yang lebih mahal dari produk pesaing dan lain sebagainya. 

Berikut merupakan beberapa alasan konsumen tidak membeli suatu produk:

1. Konsumen tidak menyadari keberadaan dari suatu produk. Produk tidak laku belum berarti produk tersebut tidak berkualitas atau berharga mahal, sebab sebagian besar disebabkan dari pemasaran gagal,
contohnya seperti publikasi yang kurang tepat sasaran. Misalnya produk susu formula bagi bayi yang dipublikasikan melalui radio pedesaan, padahal penduduk perkotaan jauh lebih banyak mengkonsumsi susu formula bagi bayi. 

Akibatnya banyak penduduk kota yang tidak menyadari keberadaan susu formula bagi bayi tersebut. Maka untuk menghidari hal-hal tersebut, sebaiknya membuat strategi pemasaran tepat sasaran dan mengevaluasi secara berkala untuk memastikan beberapa hal penting. Apakah segmenting, targeting dan positioning dalam strategi pemasaran sudah tepat? Apakah media publikasi atau periklanan produk Anda sudah tepat? Dan pertanyaan-pertanyaan seputar pemasaran yang lainnya.

2. Konsumen menganggap produk pesaing jauh lebih baik daripada produk Anda. Produk pesaing bila sejenis dan setipe akan menjadi ancaman bagi produk Anda, maka sebaiknya
selalu menjaga kualitas dan mencari trobosan-trobosan baru agar memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan bisnis. 

Contoh mencari pemasok bahan baku dengan kualitas baik dan harga jauh lebih murah, sehingga Anda dapat menjual dengan harga lebih murah dari pada pesaing. Bila produk yang berkualitas dengan harga lebih murah dipasarkan dengan strategi pemasaran yang tepat, maka dapat meningkatkan penjualan.

3.
Konsumen tidak memahami manfaat atau kegunaan dari produk Anda. Hal ini dapat terjadi ketika kegiatan pemasaran gagal dalam menyampaikan pencitraan produk, yang lama-kelamaan dapat mengakibatkan produk tidak laku. Konsumen saat ini lebih cerdas, dalam kata lain mereka tidak membeli barang hanya dari segi harga, melainkan dari manfaat, kegunaan produk dan kebutuhan mereka. 

Maka dalam menarik minat konsumen untuk sebaiknya menitikberatkan pada manfaat dan kegunaan produk. Untuk pencitraan produk sebaiknya menyampaikan pesan maksimal tiga manfaat tertinggi dari produk, agar pesan mudah diingat oleh calon pelanggan.

4. Produk sulit didapatkan oleh konsumen. Kadang pemasaran gagal dapat berakibat dengan jalur distribusi yang tidak efektif, sehingga produk tidak laku akibat penumpukan barang pada gudang. Sebab tidak semua konsumen bersifat loyal terhadap suatu produk, contohnya ketika mereka akan membeli produk tetapi tidak tersedia, maka awalnya mungkin akan menanti produk tersebut, hingga lama-kelamaan akan berpaling pada produk pesaing yang sejenis.

5. Proses pembelian yang berbelit-belit akan membuat konsumen enggan membeli produk Anda. Hal ini sering kurang dipahami oleh pebisnis online atau yang menjual produknya secara online, kadang mereka lebih mengutamakan penampilan desain web yang dapat menarik konsumen, tetapi tidak diimbangi dengan cara pembelian yang mudah sehingga produk tidak laku.

Tips Menjual Produk Dengan Cepat Dalam Waktu Singkat

Kita ambil contoh, misalkan anda akan menjual produk DVD Player yang murah meriah dan merk tidak terkenal, sedangkan prospek anda lebih menyukai DVD Player yang merk terkenal sekalipun mahal.

Prospek mengungkapkan keberatannya atas penawaran anda, “ah, saya tidak mau produk murahan begini, nanti cepat rusak ! Lebih baik saya membeli produk branded sekalipun mahal !” Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan bahasa “hipnotik”, dengan pertama-tama memberikan kesan “menyetujui atau mendukung” pernyataan prospek, baru kemudian anda “membelokkannya”.

Jawab anda, “saya percaya, banyak orang sebelumnya berpendapat sama seperti anda, yakni maunya membeli produk yang terkenal dan mahal supaya tahan lama (ini adalah fase menyamankan perasaan prospek), namun sayang (nah kita mulai dengan fase pembelokkan) seperti kita ketahui bahwa teknologi DVD player berubah dengan sangat cepat, setiap 3-6 bulan sekali keluar produk baru dengan spesifikasi yang lebih canggih dan lengkap.

Akibatnya, produk mahal yang dibeli menjadi ketinggalan zaman, khan sayang ? Selain itu DVD player mahal, biasanya tidak dapat dipakai untuk memutar DVD bajakan, padahal banyak orang membeli DVD bajakan karena filmnya baru-baru dan murah ! (Inilah fase mengungkapkan realita yang melemahkan pernyataan prospek).

Itulah sebabnya saya datang membawakan DVD palyer yang kecanggihannya tidak kalah dengan merk mahal, dapat memutar DVD asli maupun bajakan, serta hanya 1/3 harga dari merk yang anda sebutkan tadi !
Jika prospek diam atau mengangguk-anggukkan kepala, berarti pesan anda tidak disanggahnya dan anda dapat segera melanjutkan dengan menutup transaksi. Contoh kalimat menutup transaksi : “Ngomong-ngomong, anda perlu 2 atau 3 unit ?”

Demikianlah contoh menjual produk murah / belum di kenal, kepada prospek yang menginginkan produk mahal dan terkenal.

Salam Super Duper Dahsyatt !

Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

Tulisan ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi (karena saya banyak gagalnya..he..he..) dan juga dari pengamatan temen-temen (kebetulan lingkungan juga kalangan entrepeneur dan mereka beberapa ada yang gagal juga ternyata). Tulisan ini juga dibuat untuk memenuhi kebutuhan wirausaha. Karena satu hal yang saya suka dari seorang wirausaha adalah jangkauan belajarnya yang sangat luas. Saya harap tulisan ini juga bisa dijadikan pelajaran bagi mereka sehingga tidak mengulang kesalahan yang telah dilakukan oleh orang-orang yang telah salah. Saya percaya dunia entrepreneurship yang selama ini dianggap sebagai seni (sesuatu yang ga teratur) bisa dikristalkan menjadi sebuah pengetahuan, yaitu sesuatu yang memiliki pola/pattern teratur sehingga bisa dipelajari.

1. Melakukan segalanya sendiri (single fighter)

Di awal menjalani kehidupan berwirausaha saya punya sifat seperti ini. Mungkin juga karena lagi semangat2nya dan idealis2nya. Entah kenapa teman-teman saya wirausaha pemula juga beberapa melakukan hal ini dan mereka sepertinya gagal juga. Analisis saya kenapa orang melakukan wirausaha sendiri gagal adalah mungkin karena mereka jarang melihat sudut pandang lain. Setiap mengambil keputusan mereka menggunakan sudut pandang pribadi. Padahal kalo ilmu masih cetek keputusan tersebut cenderung salah. Tapi ada juga yang wirausaha sendiri berhasil. Temen-temen saya yang berwirausaha sendirian (single fighter) berhasil umumnya mereka memiliki sifat berikut : supel, banyak teman, humble. Analisis saya lagi, mungkin dengan sifat inilah mereka mendapatkan banyak masukan atau sudut pandang lain sehingga keputusan-keputusan bisnisnya kemungkinan besar tepat. Oh ya, saya ga percaya kalo dikatakan wirausaha hebat punya intuisi, yang ada adalah mereka tekun dan terus belajar dari apa yang ada di sekitarnya. Ini yang saya rasakan.

2. Salah memilih bidang bisnis
Lagi-lagi ini pengalaman bisnis saya juga. Tapi lagi-lagi beberapa temen yang gagal saya amati juga demikian. ketepatan memilih bidang bisnis menurut saya cukup urgent. Kenapa sih bidang bisnis yang dipilih harus tepat? jelas, ini menentukan sustanability bisnis. Mereka yang berbisnis dengan market yang kecil, banyak kompetitor, dan juga jenuh umumnya kurang sustain. Bisa aja si diawal sukses, tapi kalo bicara masalah sustanability kita bicara jangka panjang. Ada juga yang tahu mereka salah memilih bidang bisnis, kemudian mereka expand ke bisnis yang memiliki rantai nilai tak jauh dari bisnis sebelumnya. Oh ya, ini asumsi kalo sukses bisnis dinilai dari banyaknya revenue yang didapat. Kalo anda menilai sukses bisnis karena bisnis tersebut survive bisa jadi anda punya pandangan lain dengan saya. Contohnya menyikapi orang-orang yang motivasi bisnisnya karena kesenangan/passion. Bisnis distro, indie band, atau game indie. Tapi ada juga yang sukses dalam dua sudut pandang itu. Mereka berawal dari passion dan mereka sukses secara revenue. Analisis saya, mereka sukses karena pas memilih bidang bisnis atau pas pasar sedang mengarah kesitu (terjadi pergeseran asumsi di masyarakat), contohnya terjadi pada industri distro. Walaupun menurut saya, teori ‘passion’ atau ‘lentera hati’ yang pernah disiarkan di kick andy masih bisa menjadi perdebatan. Jujur, saya pribadi bisa menciptakan passion terhadap apapun disekitar saya. Kurang tau kalo temen-temen lain.he..he..

3. Terpaku pada hasil/Uang
Sungguh di dunia ini tidak akan ada hasil tanpa melalui proses yang cerdas, efektif dan bermutu. Saya suka mengkritik motivator-motivator yang suka menggambarkan betapa mudahnya sebuah kesuksesan (terutama orang-orang di bisnis MLM). Seolah-olah hasil tersebut bisa didapatkan hanya dalam sekejap tanpa proses yang cerdas, efektif dan bermutu. Jelas ini filosofi yang menyesatkan. Apalagi kalo framework seperti ini kita gunakan terus dalam dunia bisnis atau misalkan jadi professional. Yang ada walaupun sukses tapi caranya sangat merugikan orang lain dan cenderung tidak adil. Tentu ini tidak baik bagi peradaban dunia ini (halah ngomongnya ko uda peradaban aja..). Lalu kenapa sih orang yang terpaku pada hasil bisa gagal berwirausaha? umumnya yang saya lihat mereka tidak terpaku pada proses. Porsi berpikirnya banyakan hasil daripada proses itu sendiri. Inilah yang membuat mereka gagal. Semacam mimpi tanpa diimbangi eksekusi yang bermutu. Hati-hati untuk para mahasiswa, kadang sikap idealisme sering menjerumuskan pada sikap seperti ini. Makanya sikap idealisme harus diimbangi dengan sikap realisme dan juga konkritisme agar eksekusi atas semua idelisme kita berjalan mulus.

Itu saja beberapa poin penting yang saya amati, mudah-mudahan temen-temen lain yang punya sudut pandang lain bisa menambahkan dengan menjawab pertanyaan, “Kenapa sih anda gagal bisnis?” agar bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

Daftar Usaha Makanan Yang Paling Laris

Makanan Paling laris | Makanan untuk Usaha Kuliner | Usaha Kuliner Yang Mudah Laku | Bisnis Makanan | Buat Restoran.

Makanan Paling laris Referensi Makanan Paling Laris menurut saya ada beberapa jenis Kuliner yang bisa untuk referensi Usaha Makanan. Maklum lidah orang kita tentunya berbeda dengan lidah orang bule. Jadi jenis makanan yang laris saja perlu untuk dikembangkan terus. Ini untuk mengurangi faktor resiko. Jika anda(pebisnis) tidak mau berspekulasi membuat makanan unik yang lainnya, maka meniru makanan yang telah laris duluan tidak ada salahnya juga. Toh segmen pasarnya sudah ada dan jelas.

Makanan Paling Laris :

1. Bakso
2. Soto ( Coto Makasar)
3. Sate
4. Rendang
5. Kare
6. Gule
7. Kikil
8. Mie Ayam
9. Nasi Goreng
10 Mie Goreng Spesial, dan masih banyak yang lain.

Silahkan ditambahkan kalau menurut anda di daerah anda ada makanan yang lainnya yang paling laris di kota anda. Karena mungkin beda kota beda pula ciri khas makanannya.

Inilah Kiat-kiat Menjadi Orang SUKSES

Semua Orang Tentu Ingin Mencapai Sukses Dalam Hidup. Nah, apa saja kiat kiat yang dapat dilakukan untuk menjadi orang yang sukses. simak ulasan berikut ini

1.Berkeyakinan menjadi orang sukses.
2.Ikhlas semata mencari ridho-Nya.
3.Berperilaku jujur,kapan saja,dimana saja,dengan siapa saja.
4.Berperilaku rendah hati.
5.Senantiasa merasa berhutang budi dengan orang-orang yang berada di sekitarnya,yang membantunya,yang berhubungan dengannya,dan orang-orang yang mengkritiknya.
6.Selalu memaafkan orang lain.
7.Selalu memegang prinsip akhlak.
8.Selalu positif thinking (husnudlan).
9.Banyak membaca.
10.Be Happy (selalu senang).
11.Be Patient (selalu sabar).
12.Be Careful (selalu berhati-hati).
13.Be Creative (selalu kreatif).
14.Be Experienced (selalu belajar dari pengalaman).
15.Memiliki keahlian,keilmuan dan keberanian.
16.Banyak silaturami.
17.Memiliki guru dengan keteladanan yang sukses.
18.Memiki kedua orang tua yang selalu meridhoi lagi secara istiqomah mendoakannya.
19.Memiliki seorang suami atau istri dengan keteladanan yang sukses.
20.Memiliki mertua dengan keteladanan yang sukses.
21.Tidak sombong.
22.Tidak mencari popularitas.
23.Tidak menilai kemampuannya dengan finasial.
24.Tidak malas.
25.Tidak munafik.
26.Tidak cinta dunia melebihi batas.
27.Berkumpullah dengan orang sholih.

Semoga kita bisa mengamalkannya

Cara Memenangkan Dan Menghadapi Persaingan Bisnis Sekarang Ini

Ada banyak orang yang sudah mendirikan bisnis, dan berhasil. Namun seiring perkembangan dunia usaha, pesaing banyak bermunculan dan keberadaan mereka memperbesar risiko usaha. Ada yang berhasil bertahan, ada juga yang gagal lalu kolaps dan hilang dari peredaran. Kemampuan bertahan menjalankan usaha tentu merupakan suatu tantangan. Lalu bagaimana cara bertahan dapat dunia usaha yang penuh persaingan itu? Berikut ini adalah tips dan strateginya.

1. Tentukan merek dan segmen produk. Merek dan segmen produk merupakan dua hal yang harus senantiasa sesuai dengan sasaran pasar, dan juga harus dapat mewakili karakteristik barang yang diproduksi. Merek aksesori untuk remaja misalnya, tentunya harus dapat mewakili jiwa dan cita rasa remaja.

2. Tentukan lokasi penjualan. Lokasi penjualan ditentukan oleh keberadaan lokasi calon pembali. Calon pembeli harus mudah mencapai lokasi penjualan, sehingga strategi pemasaran dapat berjalan dengan baik.

3. Dekati calon pembeli dengan perkenalan merek dan segmentasi produk. Cara ini bisa dilakukan dengan mengikuti mengikuti event semacam bazaar, membuat website, menyebarkan brosur, hingga membuat iklan dan memuatnya di media cetak maupun elektronik.

4. Buat penawaran menarik. Selama bulan-bulan pertama sejak produk Anda diluncurkan, sebaiknya Anda membuat penawaran spesial yang dapat menarik minat calon pembali untuk mencoba menggunakan produk. Ubah penawaran pada waktu-waktu tertentu, hingga posisi merek dan posisi produk Anda kuat di benak calon pembeli.

5. Perluas jaringan dengan membuka hubungan. Misalnya dengan meminjamkan produk, mensponsori event yang sesuai dengan segmen konsumen, atau membuka lokasi penjualan baru. Dengan begitu, konsumen akan tambah mengenal produk Anda.

6. Mengembangkan usaha. Misalnya jika di awal Anda merintis usaha, segmentasi target pasar Anda adalah remaja, maka sekarang Anda boleh saja merambah ke segmen perempuan usia dewasa. Selama jenis usaha dan jenis produknya tidak jauh berbeda, hal ini sah-sah saja dilakukan. Yang penting Anda harus pintar-pintar menyesuaikan strategi pemasaran yang sudah ada.

7. Kuatkan hati, kerja keras, dan pantang menyerah. Menjalankan usaha sendiri tentunya cukup melelahkan serta menyita waktu dan pikiran. Sementara orang lain memperoleh penghasilan tetap setiap bulan, Anda harus memikirkan berbagai pengeluaran. Inilah seni dari menjalankan usaha sendiri. Kuatkan hati, kerja keras, dan pantang menyerah.

8. Jangan pernah memilih nama merek yang sama persis dengan nama merek lain yang telah ada.

(*/dari berbagai sumber)

Peluang Usaha Makanan

Peluang Usaha Makanan

Incoming Search Term:
Peluang Usaha Kecil
Peluang Usaha Makanan
Peluang Usaha Di Rumah
Peluang Usaha Baru
Peluang Usaha Modal Kecil
Peluang Usaha Online
Peluang Usaha Franchise
Peluang Usaha Kuliner
Peluang Usaha Rumahan


Seorang Wirausahawan Yang Sukses Di Usia Sangat Muda

Bisnis aneka minuman cepat saji kian mengalir. Mulai mengusung merek pribadi hingga waralaba (franchise). Bahan dasarnya bisa susu, cincao, teh, sinom alias jamu, buah, hingga yang serba racikan sendiri. Bisnis teh kemasan siap saji misalnya, banyak diminati lantaran keuntungan yang diperoleh cukup besar, cara pembuatannya juga tak sulit.
Meracik teh yoghurt kini menjadi andalannya. Padahal, Victor Giovan Raihan, pelajar 18 tahun ini, semula hanya iseng-iseng saja membuat minuman yang memadukan teh dan susu fermentasi ini. Hasilnya, minuman olahannya ternyata memiliki banyak penggemar.

“Modal awalnya Rp 3 juta dengan meminjam dari orangtua sekitar 2010. Saat ini per outlet paling apes menghasilkan Rp 2 juta per bulan. Outlet lain yang ramai bisa lebih dari itu,” aku pemilik merek Teh Kempot ini.
Ide menamai Teh Kempot berasal dari cara orang minum teh kemasan dengan sedotan, jika teh terasa enak dan hampir habis pasti orang akan terus menyedot hingga bentuk pipinya kempot. Begitu kira-kira harapan Victor menjadikan teh yoghurt berasa paling yummy.
Sulung dua bersaudara yang bersekolah di SMA Negeri 1 Kepanjen ini memiliki 10 outlet yang dikelola sendiri dan 17 outlet yang dikelola oleh mitranya. Bermitra dengannya cukup bayar Rp 3,5 juta dan akan mendapatkan 1 paket booth (gerobak), alat masak dan 100 cup (gelas kemasan) pertama. Dua mitra diantaranya ada di Jakarta dan Palembang, lainnya tersebar di Kota Malang.
“Saya belum berani menjual hak dagang secara franchise karena masih sangat pemula. Jujur saja bisnis teh kemasan siap saji ini marjin keuntungannya bisa 350 persen. Kalau kuliner seperti, Bakso Mercon yang sedang saya kelola, marjin keuntungannya hanya 100 persen,” lanjut putra pasangan Sri Winarsih dan Bambang Hermanto.
Victor memang lebih dulu mengelola bisnis bakso, ketimbang teh yoghurt. Outlet baksonya baru ada lima, kesemuanya ada di Malang. Tahun ini, ia berencana nambah lima outlet. Bisnis yang dikelolanya ini belakangan berkembang ke minuman. Alasannya sederhana, kalau orang makan bakso pasti butuh minum.
“Saya coba beli daun teh setengah matang dari pemasok, saya kelola sendiri lalu saya mix dengan yoghurt (susu fermentasi). Ada rasa lemon tea, stoberi, dan cokelat,” ujar pria yang bermukim di Jl Panji II Kepanjen ini.
Per kemasan atau segelas teh yoghurt ukuran 250 ml dijual seharga Rp 2.000-2.500. Jumlah karyawan yang bekerja padanya kini tak kurang dari 50 orang, termasuk untuk outlet bakso dan teh yoghurt.
Setiap harinya, ia bisa menghabiskan 20 kg daun teh kering untuk diproduksi atau menjadi 70 gelas. Gula yang dibutuhkan 4 kg per outlet per hari. Sedangkan kebutuhan daging untuk bakso sekitar 20 kg per hari.
“Usaha bakso tetap akan jadi core business saya karena omzetnya besar. Kalau teh hanya sampingan. Ke depan, saya akan tambah mitra di kota-kota besar, seperti Surabaya dan Sidoarjo,” lanjut Victor.
Ia mengaku, jalan yang ia tempuh dari hasil kerja kerasnya kini membawa keberuntungan yang luar biasa di usianya yang masih belia. “Saya tidak tahu jika dulu saya mengikuti anjuran ayah untuk sekolah di kepolisian apa ‘omzet’nya akan sebesar ini. Keluarga besar saya semua di jalur angkatan bersenjata. Tapi saya tidak minat mengikuti jejak tersebut,” yakinnya.
Untuk perluasan usaha, Victor masih enggan mengajukan kredit kemana-mana. Pakai modal pribadi dan pinjam orangtua masih memungkinkan. “Toh bapak saya dapat fasilitas kredit dari bank, yakni kredit kepolisian. Saya pinjam dari situ juga,” pungkasnya.
 

Hindari Penyebab Kegagalan Usaha Kuliner Ini

Bisnis kuliner termasuk yang menjadi pilihan banyak orang, karena dianggap jenis bisnis yang lebih mudah dilakukan daripada bisnis lainnya. “Padahal bisnis kuliner termasuk bisnis yang tergolong rumit karena membutuhkan banyak inovasi dan kreativitas yang berkelanjutan,” tukas Ali Bagus Antra, pemilik usaha Bebek Garang, saat talkshow ”Kiat Sukses Wirausaha dalam Menghadapi Persaingan” dalam acara Sedap Mighty Culinary di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Anggapan enteng mengenai bisnis kuliner membuat banyak pengusaha gulung tikar karena tak mampu menghadapi persaingan bisnis. Ali mengungkapkan, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pelaku bisnis kuliner:

1. Tidak fokus
Para pemilik usaha sering terlena setelah merasa bisnisnya sudah sukses. Kesuksesan pada tahap awal ini membuat Anda mulai tak fokus pada pengembangan usaha, dan malah berusaha membangun usaha sampingan lainnya. Ali mengungkapkan, adalah hal yang wajar untuk memiliki lebih dari satu bisnis. Namun, jangan terburu-buru untuk memiliki banyak cabang dalam waktu dekat, atau membangun bisnis lain dalam saat yang bersamaan, karena hanya akan membuat perhatian terpecah.

2. Konsumtif
Usaha yang sukses akan memberikan penghasilan yang lumayan. Namun, penghasilan sering membuat Anda jadi lebih konsumtif. “Uang yang didapat dari usaha sering dianggap sebagai bonus dan upah kerja keras Anda, sehingga uang lalu digunakan untuk memanjakan diri,” paparnya.
Sifat konsumtif ini akan sangat berbahaya untuk Anda, terutama untuk perkembangan bisnis. Ali menambahkan, sampai saat ini banyak orang yang lebih memilih menghabiskan penghasilan usahanya untuk kepuasan diri seperti membeli gadget, dan lain-lain, ketimbang menginvestasikan uangnya kembali untuk memperbaharui alat atau investasi untuk cabang baru.

3. Tak mau berbagi kepemilikan
Salah satu cara untuk mengembangkan usaha adalah dengan berbagi kepemilikan usaha dengan orang lain. Misalnya melalui penanaman saham, ataupun dengan model waralaba. Namun banyak orang yang takut untuk melakukan hal ini. Mereka berpikir bahwa berbagi kepemilikan akan membuat keuntungan Anda berkurang, atau membuat Anda rugi. Padahal jika dilakukan dengan sistem yang tepat dan kuat, pembagian kepemilikan akan membuat usaha lebih besar.

4. Berhenti berinovasi
Dalam bisnis kuliner, inovasi dan kreativitas merupakan salah satu syarat wajib. Ketika produk usaha kuliner yang dijual sudah mendapatkan respons yang memuaskan dan menghasilkan keuntungan besar, orang cenderung lalai untuk terus berinovasi. Jika ingin sukses berbisnis, sebaiknya selaris apapun usaha Anda jangan berhenti berinovasi dengan berbagai cara. Ingatlah bahwa persaingan akan selalu ada, dan jika tak ingin kalah dalam persaingan sebaiknya tetap kreatif untuk menciptakan inovasi menu baru yang unik.

5. Tidak komersil
Makanan kesukaan seringkali jadi inspirasi bagi seseorang untuk menjadikannya sebuah ladang usaha. Hanya aja, perlu diingat bahwa tak semua makanan yang Anda sukai juga akan disukai orang lain. “Banyak orang yang punya selera berbeda tentang makanan. Sekalipun makanan itu adalah makanan kesukaan Anda, namun tetap sesuaikan dengan selera pasar dan konsumen,” sarannya.
Jangan ragu untuk melakukan survei pasar sebelum menentukan produk yang akan dijual. Kesalahan memilih produk akan berakibat produk Anda tidak komersil dan tidak laku.

6. Persaingan harga
Dalam menjalankan usaha, persaingan memang tak mungkin dihindari. Persaingan ini tidak hanya terlihat dalam persaingan barang dagangan yang sama, tapi juga persaingan harga. “Persaingan harga adalah hal yang harus diantisipasi. Karena seringkali kompetitor Anda akan menjual barang yang sama dengan harga yang lebih murah, untuk menarik pelanggan,” bebernya.
Usahakan untuk menjual produk yang murah namun rasa dan kualitasnya tetap baik. Untuk menghasilkan harga jual yang murah dan kualitas yang baik, tekan sedikit keuntungan Anda. Lebih baik jangan terlalu banyak menargetkan pengambilan keuntungan dari produk yang dijual.

7. Tidak profesionalMenjalankan bisnis bukan sekadar seperti berinvestasi atau menanam modal semata. Banyak orang yang hanya mempertimbangkan masalah modal, dan hanya ingin menikmati hasil keuntungannya saja. Padahal bisnis juga merupakan sebuah proses pembelajaran, serta buah dari pemikiran dan kerja keras yang dilakukan oleh berbagai pihak. Ali mengungkapkan, dalam bisnis sekecil apapun kita tetap membutuhkan sikap profesional dalam menjalankan bisnis, perencanaan keuangan, sampai pemilihan karyawan.

8. Fondasi tidak kuat
Buatlah sebuah perencanaan yang matang di awal bisnis Anda. Sebuah business plan akan sangat diperlukan sebagai bentuk kesiapan usaha. Perencanaan dan fondasi usaha yang kuat akan membuat usaha Anda tidak mudah hancur, karena sudah memiliki berbagai bekal sebagai antisipasi kegagalan.
Selain itu, fondasi usaha juga sangat dibutuhkan sebelum memutuskan membuka sebuah cabang baru. “Cabang yang banyak memang bisa menjadi strategi bisnis yang menguntungkan, hanya saja buat fondasi dan sistem usaha yang stabil terlebih dulu agar cabang selanjutnya bisa sesukses cabang pertama

Tips Ampuh Agar Sukses Dengan Usaha Milik Sendiri

Pernahkah kamu berpikir, akan seperti apa dirimu lima atau sepuluh tahun lagi?
Ada yang optimis menghadapi masa depan. Ada juga yang belum tahu akan melakukan apa, sehingga tidak bisa memprediksi masa depannya. Jangankan untuk masa depan, untuk hidup saat ini saja masih kurang sana-sini.

Ya. Semakin hari, kebutuhan semakin meningkat. Harga-harga kebutuhan pokok pun seperti tak mau ketinggalan, ikut melambung. Apalagi jika ada kenaikan harga bahan bakar.

Kondisi seperti ini, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, harus kita jalani. Yang menjadi masalah adalah bagaimana kita bisa bertahan dengan kondisi yang ada.

Bagaimana pun, harga kebutuhan pokok tidak mungkin turun, bahkan semakin naik. Selain harga yang naik, kebutuhan pun semakin banyak.


Tidak ada yang bisa dilakukan selain menambah penghasilan.
Dari sebuah buku yang saya baca, saya memperoleh informasi bahwa di Cina, masyarakatnya sudah diajarkan untuk menambah penghasilan. Sejak kecil mereka sudah diperlihatkan bagaimana cara memutar uang dengan berbisnis. Sejak usia dini pula mereka diminta oleh orangtua untuk melihat secara langsung tata cara bisnis keluarga yang tengah dijalankan.

Tak mengherankan jika saat dewasa, mereka sudah mahir mengelola bisnis. Selain itu, mereka pandai membuat uang dapat “menggandakan diri”.

Kalau begitu, mengapa kita tidak meniru ilmu mereka? Bangunlah usaha mulai dari sekarang. Dari usaha tersebut kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan demikian, kenaikan bahan bakar atau kebutuhan yang semakin banyak, tidak membuat kita risau.

Sekarang, persoalannya adalah memulai cara membangun usaha dari awal. Seperti kata pepatah, beginning is difficult. Permulaan itu biasanya terasa sulit. Tapi, jangan khawatir. Jika kita tidak pernah memulai, kita tidak akan pernah berjalan.

Untuk membuka usaha, intip dulu tips-tips berikut ini.

1. Siapkan Mental
Hal pertama yang harus disiapkan adalah mental. Mental pengusaha berbeda dengan karyawan. Karyawan cenderung menghabiskan gaji bulanannya. Sedangkan, pengusaha harus menginvestasikan sebagian penghasilannya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.  Maka, ketika kita sudah memilih untuk membuka usaha, terapkanlah mental sebagai pengusaha.

2. Siapkan Modal
Apapun jenis usahanya, pasti memerlukan modal. Banyak pengusaha yang mengeluhkan modal. Sebenarnya, tak perlu dirisaukan. Dengan modal kecil pun kamu sudah bisa membuka usaha. Besarnya modal tergantung dari besar atau kecilnya usaha yang kamu jalankan.
Banyak usaha yang bisa dimulai dengan modal awal 2-10 juta rupiah. Jika masih kesulitan, ajaklah saudara atau teman untuk berbisnis bersama. Usahakan untuk tidak meminjam ke bank dahulu, sebab di awal usaha, apalagi jika usahanya belum terlalu besar, akan riskan jika sudah terbebani dengan utang.

3. Bidang Usaha
Tentukan bidang usaha yang akan kamu buka. Kamu bisa memilih bidang usaha yang belum pernah ada atau yang sudah banyak. Pada awalnya, orang merasa ragu untuk mulai membuka usaha, baik bidang yang belum pernah ada maupun yang sudah banyak dilakukan.

Membuka usaha di bidang yang belum pernah ada, belum tentu tidak sukses. Coba kamu lihat Aqua. Awalnya, perusahaan itu ragu untuk mengeluarkan produk air minum dalam kemasan botol. Saat pertama kali diperkenalkan, banyak pihak yang merasa produk tersebut tidak akan laku di pasaran. Apalagi belum pernah ada perusahaan yang menjual produk serupa.

Bahkan, banyak yang benar-benar yakin produk itu akan gagal. Mereka berpikir untuk apa membeli air minum yang harganya mahal, kalau bisa memasak sendiri di rumah. Ternyata, produk itu sukses besar. Bahkan banyak perusahaan lain yang mengekor.

Untuk bidang usaha yang sudah pernah ada, buatlah ciri khas atau kelebihan yang tidak dimiliki pengusaha lain. Sebagai contoh adalah butik milik Hughes. Meskipun usaha butik bertebaran di mana-mana, butik milik Hughes bisa sukses. Sebab, butik itu memiliki ciri khusus yaitu hanya menjual pakaian berukuran besar.

4. Lokasi
Lokasi merupakan peran penting dalam membuka usaha. Lokasi yang ramai diyakini akan membuat usahamu cepat dikenal dan menarik banyak peminat. Pilih lokasi yang strategis, yaitu dekat dengan  tempat aktivitas masyarakat, kantor, sekolah, atau kampus.

Namun, terkadang lokasi bisa “menipu”. Banyak bidang usaha yang laris manis dan sukses meskipun berada di tempat yang sepi. Ada juga bidang usaha yang mampu menembus pasar internasional meskipun barangnya diproduksi dari tempat berlokasi di gang sempit.

Karena itu, pikirkan baik-baik mengenai lokasi. Untuk usaha yang baru berdiri, jangan ragu untuk memanfaatkan ruangan yang ada di rumah. Banyak, lho, usaha yang sukses yang berawal dari  garasi rumah.

5. Fokus
Fokuslah pada satu bidang usaha terlebih dahulu. Banyak pengusaha yang gagal saat mulai berkembang, karena tidak fokus pada peningkatan bisnis awal, melainkan terlalu banyak ingin mencoba bidang usaha lain.
Sebaiknya, bersabarlah dahulu agar satu bidang bisnis berjalan hingga sukses. Setelah itu, barulah melebarkan sayap ke bidang bisnis yang lain.

6. Cari Pelanggan
Kenalkan bidang usahamu ke luar. Sebarkan informasi barang dagangan atau usaha jasamu ke semua orang, agar bisa mendapatkan klien.

Caranya bisa  melalui promosi dari mulut ke mulut. Ceritakan bidang usahamu kepada teman dekat. Lalu, mintalah bantuannya untuk menyebarkan ke teman-temannya. Dengan cara ini akan semakin banyak orang yang tahu tentang usahamu.

Bisa juga dengan cara membuat brosur dan menyebarkan dari rumah ke rumah. Cara ini cukup ampuh, lho. Selain brosur, buatlah plang yang dipasang di depan tempat usaha, serta di tempat-tempat strategis lainnya.
Selain dua cara itu, bisa juga dilakukan pemasangan iklan di internet. Di era cyber ini, banyak orang yang senang berbelanja dengan cara online, atau mencari informasi barang dan jasa yang dibutuhkan, melalui internet.

7. Cara Berbisnis
Sebenarnya, berbisnis itu mudah, kok. Contohnya, barang seharga Rp. 1.000. Tugasmu adalah menjualnya dengan harga lebih dari itu, misalnya Rp. 1.500. Intinya, dari sebuah barang, kamu bisa menjualnya dengan memperoleh keuntungan. Setelah itu, juallah barang tersebut sebanyak-banyaknya. Semakin banyak laku, semakin banyak pula keuntungan yang kamu dapatkan.

8. Pegawai
Pada awal membuka usaha, kamu hanya membutuhkan sedikit pegawai. Selain kamu sendiri yang mengurus usaha tersebut, kamu bisa melibatkan suami atau anggota keluarga yang lain untuk ikut mengelola. Tujuannya agar mereka dapat ikut merasa memiliki usaha tersebut. Setelah usahamu berkembang, kamu bisa mepekerjakan pegawai tambahan.

9. Perencana Keuangan
Keuangan untuk membuka bidang usaha, tak hanya terpaku pada modal awal. Ketika usaha sudah berjalan, kamu harus pandai mengatur alur keluar masuknya uang. Pisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Banyak pengusaha yang gagal karena keuangan pribadi dan bisnis, tercampur aduk.

10. Mulai!
Sudah memikirkan segala sesuatunya? Kalau begitu, mulailah!

11. Risiko
Membangun bisnis, tentu saja ada risikonya. Namun, kalau kamu sudah menyadari risikonya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semakin maju usahamu, nama baikmu semakin dipertaruhkan. Karena itu, sambil menjaga kelangsungan bisnis, kamu juga harus terus menjaga nama baikmu. Sekali saja nama baikmu tercoreng, saat itu juga usaha yang telah kamu rintis, bisa hancur berantakan.

12. Antisipasi Kegagalan
Risiko kegagalan dalam berbisnis, selalu ada. Karena itu kamu dituntut untuk bersikap tegas dan cepat bertindak, terutama bila melihat sesuatu yang tak beres.

Untuk mengantisipasi kegagalan, buatlah aturan mengenai pengambilan keuangan. Pemilik usaha memang berhak mengambil uang dari perusahaan. Tapi, cara pengambilan dan jumlahnya, harus tersistem dengan jelas.

Begitu pula dengan operasional, harus memiliki sistem yang baku. Delegasikan tugas-tugas pada pegawai. Sehingga, apabila kamu berhalangan, bisnis tetap dapat berjalan. Semakin sedikit campur tangan pemilik dalam usahanya, berarti usaha tersebut semakin baik.

Semua tips sudah dikeluarkan. Sekarang, tinggal kamu yang mulai bergerak. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Alasan Pentingnya Sebuah Perusahaan Memiliki Website/Blog

Menurut hasil studi, 1 dari 2 perusahaan atau 44% dari perusahaan akan memiliki blog atau web blog pada tahun 2012.
Berikut adalah mengapa 23 alasan itu ada dalam rencana bisnis perusahaan.
Optimasi Web Traffic dan Mesin Pencari:
1. Web Traffic: 55% dari perusahaan melaporkan makin meningkatnya lalu lintas ke situs Web atau blog mereka (sumber: Hubspot).
2. Peringkat Pencarian (Search) yang Tinggi: 97% blog menerima link lebih banyak dari situs-situs lain yang merupakan faktor utama untuk meningkatkan peringkat pencarian. Algoritma Google lebih mungkin untuk mengenali perusahaan sebagai suatu “Authority” dan ini adalah kriteria utama mereka untuk menentukan peringkat pencarian (sumber: Hubspot).
3. Link-Link  Berkualitas : Link dari blog sebuah perusahaan diakui sebagai link berkualitas oleh mesin pencari dan merupakan bagian integral dari setiap program pencarian oleh para ahli SEO (Sumber: SEOmoz).
4.  Efektivitas Biaya: Selain berkualitas tinggi, link dari blog adalah pengeluaran biaya yang efisien, karena tidak ada biaya saat berkomentar di blog dan membalas kembali. Atau integrasi antar blog dan pelanggan tak memakan biaya, dibanding perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk iklan di media jenis lain.
5.  Identifikasi Kata Kunci (Keyword): Kata kunci dari perusahaan, terutama di headline dan paragraf pertama blog, mengirim sinyal ke mesin pencari bahwa konten terus-menerus diperbarui dan website yang dikelola selalu dinamis.
6. Berpeluang Besar Muncul di Mesin Pencari: Perusahaan dengan blog lebih berpeluang diindeks halaman mesin pencari, sekitar 434% peluangnya di mesin pencari (sumber: Hubspot)
Kurasi Konten:
7.  Email: Blog dapat memfungsikan email. Dengan cara ini perusahaan menjangkau konsumennya secara lebih luas.
8.  Ebooks: Di blog perusahaan dapat menyediakan e-book guna lebih menarik perhatian pengunjung.
9.  Webinar: Blog dapat menyediakan fasilitas chat sehingga perusahaan bisa lebih interaktif dengan konsumen.
10.  Facebook: Konten kunci dalam sebuah blog dapat dibagikan sebagai posting Facebook yang relevan.
11.  Twitter “microblogs”: Manfaat utama Twitter adalah menjadi platform microblogging dengan menggunakan link singkat. Karena itu blog perusahaan dapat menyebarkan idenya via twitter. Dengan kata lain twitter itu sendiri dapat dimanfaatkan dengan semestinya apabila perusahaan memiliki sebuah blog.
12.  LinkedIn: Dalam kotak status perusahaan, orang dapat mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan.
Berbungan dengan sesama Blogger dan Melakukan Advokasi:
13.  Share Konten: Ingin membangun hubungan dengan para pemimpin industri? Dengan blog perusahaan dapat mengukur kualitas antar perusahaan sehingga dapat berbagi pemikiran yang terbaik bagi kemajuan usaha.
14.  Postingan Tamu: Pemimpin industri yang nota bene unggul dibidangnya dapat diundang sebagai blogger tamu di blog perusahaan.
15. Mendaftar ke Technorati: Technorati memberikan skor kepada blog dan postingan. Skornya antara 0-1000 dan itu merupakan jumlah link dalam enam bulan terakhir. Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan blogger yang paling relevan untuk kategori perusahaan. Bisa dimanfaatkan pula oleh perusahaan sebagai pembanding terhadap perusahaan dengan kategori yang sama.
16.  Metrik Bersaing Web Traffic: Dengan adanya blog, perusahaan  dapat mengukur lalu lintas web blog. Juga memungkinkan perusahaan melihat trend untuk satu tahun kedepan atau lebih.
17.  Pengukuran oleh Alexa: Alexa memungkinkan perusahaan melihat demografi pengunjung, kata kunci dan situs yang sebenarnya yang memiliki pranala ke website atau blog perusahaan.
1-ke-1 Hubungan:
18.  Mendengarkan Pelanggan: Survey menunjukkan 75% dari pelanggan mengirim komentar di blog sebuah perusahaan tentang produk dan layanan pelanggan; blog menggunakan 88% untuk penelitian dan browsing dan klik% 91 melalui website perusahaan (sumber: Shop.org)
19.  Membangun Hubungan Langsung: Yang dibutuhkan adalah komentar dan balasan untuk mengambil langkah berikutnya dan memiliki hubungan 1-ke-1. Orang ingin melakukan bisnis dengan orang yang mereka kenal.
20.  Menjual Langsung: Dengan sertifikat SSL dan account PayPal, Perusahaan dapat menjual produk dan layanan langsung dari blog.
Return On Investment (ROI):
21.  Pelanggan dan Blog Perusahaan: 75% pelanggan membaca setidaknya dalam satu hari (sumber: Sherpa).
22.  Pengaruh Blog dan Keputusan Pembelian: 75% mengatakan keputusan pembelian karena efek blog, baik agak atau sangat banyak (sumber: Sherpa).
Kepercayaan:
23.  Sumber Paling Terpercaya Datang dari Media Sosial: 64% orang percaya informasi dari sebuah blog. Artinya, jika blog ini ditulis oleh orang di perusahaan. Orang ingin melakukan bisnis dengan orang yang mereka kenal (sumber: eMarketer).
Apakah sebuah blog ada dalam rencana bisnis perusahaan Anda untuk 2012? Kalau ada alasan mengapa tidak? Ga punya blog? Ndeso! kata mas Tukul.
Sumber: http://barnraisersllc.com

Tips Ampuh Agar Sukses Berwirausaha

Banyak orang ingin menjadi wirausaha sukses. Bagi yang sudah bekerja, ingin juga memulai dan memiliki usaha sendiri, menjadi wirausaha mapan alias sukses. Nah, kalo di dunia kerja, seorang karyawan mau tidak mau termotivasi bekerja karena adanya boss. Bila kerjanya tidak bagus, akan dapat teguran. Dan juga ada target2 kerja yang harus dicapai. Semua karena ada boss. Nah, bagaimana dengan wirausaha? Sebagai pelaku usaha, tentunya pemirsa sendirilah bossnya. Namun, bagi pelaku usaha baru,terkadang sulit. Karena kadang menjadi tidak disiplin terhadap target usaha sendiri. Apalagi bagi yang sambil kerja sambil membangun usaha. Terkadang fokus terpecah. Nah, bagaimana solusinya? Saya akan coba sharingkan di sini.


Nah, bagi pelaku usaha pemula, seringkali lalai untuk disiplin, apalagi yang memulai usaha sambil bekerja, sehingga usahanya jadi tersisihkan sebagai usaha sampingan. Padahal menurut saya, itu tidak boleh usaha sampingan, melainkan pekerjaan kedua (bagi yang kerja sambil usaha). Kalo menyebut sampingan, nanti disamping-sampingkan. Beda dengan kedua. Nah, untuk menjadi disiplin membangun usaha, tentunya haruslah memiliki Impian-impian apa yang harus dicapai.

Selanjutnya, kalau di dunia kerja ada bossnya, di dunia usaha juga punya bossnya. Ya, memang seorang pelaku usaha adalah bossnya. Namun, ada lagi “boss” yang lebih tinggi. Yaitu orang2 tercinta. Ya, buat siapa pemirsa membangun usaha. Kapan batas2 waktunya untuk mencapai goal atau impian. Bagi yang sudah punya keluarga, bisa jadi “boss”nya adalah pasangan dan anak, juga orang tua. Bagi yang belum berkeluarga, orang tua adalah bossnya. Lakukan untuk orang2 tercinta, rasakan kebahagiaan dan kebanggaan mereka ketika pemirsa berhasil memiliki usaha. Inilah “BOSS” yang bisa memacu motivasi sukses wirausaha pemirsa.

Contoh Wirausaha Modal Usaha Kecil Yang Sukses

Halo semua pemirsa. Kita jumpa lagi di acara benar-benar bukan Empat Mata. Ya, ini kan bukan acara TV, tapi ini kan web di Internet. Oke. Hari ini saya ingin berbagi tips dan prinsip wirausaha sukses. Sesuai di artikel saya terdahulu, UniversitasBisnis.com ini lebih memfokuskan pada wirausaha peluang usaha modal kecil. Kenapa? Ya, karena kalau yang modalnya besar, nanti gak banyak yang bisa melaksanakan. Saya menyimak perjalanan ekonomi Cina. Ehmm.. ini gak omong SARA loh yah, apalagi Sarah Azhari. Negara Cina bisa berkembang perekonomiannya, memiliki cadangan devisa terbesar di Dunia sekarang ini, karena ditunjang oleh kekuatan ekonomi bisnis atau wirausaha dari kalangan kecil dan menengah. Industri usaha berbasis rumah tangga, mendorong timbulnya usaha-usaha besar. Kebalik kan dengan di negara kita? Makanya pas krisis, goyang karena yang besarnya goyang. Berbanding terbalik dengan Cina. Oke. Kita belajar kan dari negara yang maju. Ya Gak? Nah, sebetulnya, banyak peluang usaha modal kecil yang bisa dibangun di Tanah Air Tercinta ini. Berbisnis di Internet, bukan hanya bisnis online yang jual ebook dan produk digital, haha.. (walau saya juga termasuk penjual produk digital). Berbisnis di Internet bisa juga dari peluang usaha non digital. Contohnya…..
Ada seorang pengusaha eksportir kerajinan Rotan dari Indonesia yang merintis usahanya dengan bermodalkan laptop dan ruangan kamar tidurnya. Dari sana, ia membangun sebuah perusahaan ekspor kerajinan rotan ke negara-negara Timur Tengah dan sekarang mulai merambah ke Eropa. Ya, bayangkan, hanya dengan bermodalkan laptop, sebuah modal kecil untuk sebuah usaha. Buat yang tidak punya laptop, juga tidak masalah, bisa menggunakan warnet toh. INi contoh sebuah kisah sukses wirausaha modal usaha kecil namun bisa membangun sebuah perusahaan ekspor. Wirausaha sukses dengan peluang usaha modal kecil lainnya masih banyak. Ada juga yang mengambil barang-barang dari luar, biasanya barang manufaktur, elektronik, aksesoris, dan dijual lagi di dalam negeri. Ini sebagai Importir. Ini juga bisa dilakukan dengan fasilitas internet. Ada kisah orang yang membeli cincin-cincin titanium dan stainless dari Cina, kemudian dikemas ulang dengan kemasan yang menarik, lantas dijual lagi. Untuk yang terakhir ini modal usahanya bisa setting sendiri sesuai kemampuan. Atau ada juga orang yang menjual kerajinan tangannya, ia membuat mainan perlengkapan perang, seperti senjata mesin, tank, yang unik, dan menjualnya ke luar negeri lewat web yang ia buat.

Ya, ada banyak lagi contoh peluang usaha modal kecil lewat internet. Kalau yang menjual produk digital, ada banyak.

Oya, baru-baru ini saya ketemu teman yang dulunya bekerja sebagai staf administrasi. Pas tadi siang saya ketemu dengannya di Mall, ia sudah mulai menikmati hasil usahanya. Ia membangun usaha buku bekas. Ia mengambil buku-buku bekas di Jakarta dan menjualnya kembali di Palembang, di salah satu Plaza, dengan menyewa stand di sana. Awalnya ia merintis usaha belum menyewa stand, ia memulainya dari rumah tempat tinggal. Dengan perjuangan yang gigih, dan strategi bisnis atau wirausaha yang terencana, ia mengembangkan lebih besar lagi. Lumayanlah omzet penjualannya per bulan di Stand itu berkisar 100 juta/bulan. Ia mempunyai karyawan yang mengurus stand buku bekasnya. Omong-omong, berbisnis atau berwirausaha di bidang barang-barang bekas bagus juga loh. Saya mempunyai beberapa kenalan yang sukses berwirausaha di bidang barang-barang bekas, mulai dari peluang wirausaha SparePart Mobil bekas, peluang usaha Spareparts motor, peluang wirausaha buku bekas, peluang wirausaha besi bekas, dan lain-lain, asalkan bukan orang bekas , haha… Peluang bisnis wirausaha barang bekas, menurut salah seorang sahabat saya, jauh lebih menguntungkan daripada wirausaha barang baru. Nah, Loh… Setuju gak? Kalau saya, setuju. Soal modalnya, silahkan mulai dengan modal usaha kecil dulu, ga harus langsung besar apabila belum punya pengalaman berwirausaha atau berbisnis.

Oke. Sekian dulu. Sampai jumpa di artikel berikutnya..

Macam-Macam Modal Usaha Kecil Penghasilan Besar



Keingintahuan anak terhadap segala sesuatu di luar dirinya sangat besar. Oleh karena itu mainan harus bersifat aman bagi si anak. Ini mengilhami Yulina dalam berinovasi membuat buku kain ular.
Setiap anak suka bermain, seperti halnya bekerja bagi orang dewasa, bermain adalah pekerjaan bagi anak. Melalui bermain, anak belajar tentang dunia dan sekelilingnya. Ia memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan dan mengembangkan keterampilan, nilai, sikap, toleransi serta pemahaman.

Namun tidak mudah untuk memberikan mainan yang sesuai dengan usia anak. Usia menunjukkan tahap perkembangan, baik fisik maupun mental. Mainan yang terlalu sulit membuat anak frustrasi. Sebaliknya jika terlalu mudah, mainan tidak lagi menarik bagi si kecil.

Begitu juga dengan faktor keamanan mainan itu sendiri. Bagi orang tua, memberikan mainan yang aman bagi anak merupakan tindakan bijak. Dan suatu tindakan ceroboh apabila membeli mainan dengan kualitas yang tidak dapat dipertangungjawabkan sehingga merugikan orang tua dan anak tentunya.

Berdasarkan faktor itulah memicu Yulina Setianingsih untuk membuat mainan khusus bagi anaknya. “Ketika anak saya berumur di bawah satu tahun, saya merasakan kesulitan untuk mendapatkan mainan yang aman. Ada mainan dari kayu, namun itu terlalu berat untuk seusianya. Belum lagi bentuknya, takut atau bisa melukai anak nantinya,” katanya mengawali.

Dimotori dengan keinginannya untuk memberikan keamanan bagi anak ketika bermain, ia pun memutuskan untuk menggunakan kain flannel sebagai bahan dasar kerajinannya. Perempuan berkeinginan untuk “Be a good mom and Bussiness woman” ini menambahkan, kain flannel sifatnya color full dan bertekstur lembut sehingga mampu menarik minat anak.

Dengan sejuta ide dan kepiawaiannya berkreasi, anak kedua dari tiga bersaudara ini pun membuat buku khusus bagi anak usia satu hingga tiga tahun. Buku yang terbuat dari kain flannel tersebut, memiliki fungsi ganda. Selain sebagai mainan, dapat juga menjadi media pembelajaran bagi anak dengan pengenalan dasar, seperti warna, huruf, angka, bentuk bahkan aneka burung dan serangga.

Semula mainan yang dibuat hanya untuk kebutuhan pribadi, kini sudah berjalan selama satu tahun di bawah label Malvakayla, yang diambil dari nama anak pertamanya- Malva Kayla Tsabita. Berlatar belakang pendidikan yang diperolehnya di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Jakarta jurusan Teknologi Pendidikan, yang umumnya dituntut untuk membuat media pendidikan memudahkannya untuk menjalankan usaha handmade (kerajinan tangan) tersebut.

Jika pada umumnya buku-buku yang ada sekarang ini merupakan lipatan depan belakang, tetapi Yulina membuat keunikan tersendiri dengan ukuran memanjang. Buku yang biasa disebut ‘buku ular’ ini berukuran 15 x 65 cm dengan kondisi terbuka (tertutup 15 x 16 cm-red). Buku ular memiliki delapan macam kreasi yang disatukan menjadi judul buku. Buku yang pertama berjudul Aneka Serangga, kemudian bertambah Aneka Burung, dan Colors Dwi Bahasa.

Lalu mengapa ukurannya panjang? “Coba deh perhatikan. Anak kecil biasanya ketika disodorkan buku, maka ia tertarik untuk melihat sisi belakangnya dan bergegas untuk mengetahui secara keseluruhan buku itu,” ungkap ibu yang tengah menanti kelahiran anak ketiganya. Trik yang dilakukan itu untuk memberikan kemudahan bagi orang tua agar tidak berlama-lama untuk memberi informasi dan pengetahuan dikarenakan besarnya faktor keingintahuan anak.

Bagi Yulina, mainan anak yang terbuat dari kain flannel khususnya berbentuk buku masih jarang, dan sedikit sulit mendapatkannya. Hal ini justru membawa kelebihan tersendiri. “Buku ular ini bisa dicuci. Anak kan biasanya senang banget menggigit mainannya, sehingga akan cepat kotor. Atau bahkan, secara tidak sengaja meninggalkan noda dengan menumpahkan air atau makanannya,” ungkapnya yang secara serius memperhatikan kebiasaan anak kecil.



Yulina memulai usaha dengan modal Rp. 1.500.000,- yang dipergunakan untuk membeli satu mesin jahit, kain flannel, memperbaiki computer, serta pernak-pernik lainnya. Usaha yang semula memanfaatkan jasa internet dalam pemasaran produk, kini mampu menjual sekitar 40 buku per bulannya. “Biasanya pesanan datang dari luar kota, seperti Kalimantan dan Riau. Jadi mereka tidak bersentuhan atau pun datang langsung,” kata isteri Ade Subagio ini.

Diakuinya, kendala utama dalam menjalankan usaha handmade ini adalah soal waktu. Dalam pengerjaannya, dibutuhkan waktu yang tak sedikit. Butuh perhatian-perhatian ekstra dari proses awal sampai akhir. “Saya pun masih mengecek finishing-nya. Ini untuk menjaga mutu produk sehingga tetap aman bagi anak. Jangan sampai detail aksesoris lepas, seperti mata yang bisa saja ditelan si anak,” tegas mantan reporter Merdeka dan redaktur berita Jakarta dot com.

Namun tak dipungkiri pula, tingkat persaingan di bisnis serupa amat sedikit. Sehingga prospek kelancarannya dapat dipastikan dengan mudah. Dengan menjual buku ular seharga Rp 47.500,- tak menjadi persoalan. Padahal, modal untuk satu buku ular hanya dibutuhkan setengah dari harga penjualan. “Dari modal memang tidak terlalu besar untuk setiap jenisnya. Yang menjadi pertimbangan adalah proses pengerjaan yang memakan waktu sehingga tidak bisa memberikan target produksi,” imbuhnya.

Dengan meraup keuntungan kotor sekitar Rp 5 juta sampai 10 juta ini telah memproduksi hamper 70 produk mainan anak dari kain flannel. Tak hanya buku kain, usaha yang terletak di bilangan Kramat Jati ini pun membuat playboard, dadu, tempat tissue, koin dan sebagainya. “Di sini juga menyediakan souvenir khusus acara ulang tahun secara spesial bagi pemesan. Souvenir dibuat atas permintaan yang bersangkutan,”Yulina mengakhiri.

Prospek Usaha Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal

Tren bermain futsal mulai menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Alhasil, pebisnis penyewaan lapangan futsal pun tersenyum lebar. Modal bisnis ini memang cukup besar. Tapi, dengan biaya operasional kecil, laba juga tinggi.

Coba cek kantor-kantor atau kampus yang ada di kota Anda. Sebagian besar dari mereka kini pasti telah memiliki klub futsal, baik itu klub kagetan maupun klub yang dikelola secara serius.

Imbas fenomena ini, para pengusaha lapangan futsal pun meraup untung besar. Tengok saja saja Bara Futsal yang ada di Jl. Faletehan, Jakarta Selatan. Lapangan yang beroperasi sejak dua tahun silam itu selalu ramai selepas jam kerja. “Pekerja kantoran perlu waktu yang lebih strategis untuk futsal,” kata Andra Bonardo Simanjuntak, Manajer Operasional Bara Futsal. Saat ini, Bara Futsal memiliki enam lapangan futsal yang masing-masing berukuran 25 meter x 45 meter di area seluas 7.200 meter persegi (m²).

Hasil ini sebanding dengan modal awal bisnis lapangan futsal yang sangat besar. “Saya menyiapkan Rp 1 miliar untuk menggarap lahan kosong di Cibubur menjadi dua lapangan ukuran 17 m x 27 m yang dilengkapi kamar mandi, shower, loker, kantin, tempat tunggu, musala, dan parkiran,” ungkap Edwin Aprihandono Sugiono, pemilik MS Indoor Soccer Court and School.

Tony S. Tan, pemilik Premier Futsal di Ciledug, yang baru tiga bulan masuk bisnis ini, juga mengaku mengeluarkan modal Rp 2 miliar untuk membuat dua lapangan semi indoor (tanpa dinding) ukuran 16 m x 26 m dan satu lapangan outdoor dengan ukuran yang sama.

Meski modal awalnya besar, biaya operasional bulanan lapangan futsal relatif murah. Baik Tony maupun Edwin mengaku mengeluarkan biaya sekitar Rp 15 juta hingga Rp 20 juta dalam sebulan.

Tentu saja, bisnis ini tidak akan sukses jika kita tidak jeli memilih lokasi usaha. Lokasi di pinggir jalan utama atau jalan raya adalah yang paling ideal. “Kami memilih Jl. Margasatwa, Warung Buncit, karena aksesnya mudah, kendaraan umum banyak lewat sini,” tutur Buyung Satriadi, Manajer Buncit Futsal.

Cari lokasi strategis

Tony memilih Jalan Ciledug Raya dengan alasan yang sama. “Spanduk reklame yang dipasang di bangunan lapangan futsal bisa dilihat banyak orang,” katanya. Lagi pula, daerah itu termasuk padat penduduk.

Dengan tarif sewa rata-rata sekitar Rp 100.000?Rp 150.000 per jam di pagi hingga sore serta Rp 200.000 hingga Rp 250.000 saat sore hingga malam hari, pendapatan para pengelola lapangan futsal itu cukup besar.
Untuk menambah penghasilan, beberapa pengusaha membuka sekolah futsal. MS Indoor, misalnya, mematok uang pendaftaran Rp 500.000 dan iuran Rp 250.000 per bulan dari setiap peserta. Saat ini, peminat sekolah futsal ini mencapai puluhan orang.

Tingkat pemakaian lapangan futsal juga tidak mengecewakan. Setiap hari, Andra bilang, Bara Futsal rata-rata terpakai 15 jam. Sedang di Premier, Tony memperkirakan, dalam sebulan, total pemakaian lapangan bisa mencapai 300 jam-400 jam. Adapun lapangan MS Indoor cabang Cibubur terpakai sekitar 20 jam dalam sehari.

Untuk menarik pengunjung, termasuk yang tidak suka bermain futsal, pengelola juga menyediakan fasilitas lain yang ikut menyumbang pemasukan. Menjual minuman, perlengkapan futsal, dan menyewakan space iklan sudah lazim. Selain itu, Buncit Futsal juga menyewakan PS3 dan akan membuka ruang karaoke. “Biar pengunjung yang tidak main futsal tidak bosan,” ungkap Buyung.

Dalam sebulan, Andra mengaku bisa meraup omzet sekitar Rp 170 juta. Edwin malah lebih berani terbuka soal laba bersih usahanya. “Profit kami di Cibubur, dengan tiga lapangan, sekitar Rp 25 juta per bulan. Di BSD, profit dari sewa empat lapangan sekitar Rp 60 juta hingga Rp 80 juta per bulan,” katanya. (peluangusaha.kontan.co.id)

Peluang Usaha Bisnis Souvenir Pernikahan

Pada postingan kemarin saya membahas tentang Usaha rumahan modal kecil dan Usaha Keripik Pisang kali ini saya ambil topik usaha souvenir pernikahan.Souvenir pernikahan bisa menjadi peluang usaha sangat menjanjikan jika di tekuni dengan serius. Bisa dikatakan usaha ini tak ada matinya, semakin banyakn yang menikah maka semakin besar pula peluang usaha souvenir pernikahan ini.

Pernahkah anda pada saat menghadiri suatu undangan pernikahan kemudian anda di suguhkan sesuatu pernak pernik yang menarik sejenis pin dan sebagainya yang saat ini lagi ngtrend ? Itu adalah souvenir pernikahan hasil karya orang orang kreatif yang mampu memanfaatkan pernikahan menjadi suatu peluang usaha.

Nah, jika anda suka dengan souvenir dan menarik dengan usaha ini anda bvisa mencobanya untuk di tekuni. Jika banyak orang yang berhasil dalam usaha souvenir pernikahan ini maka anda juga pasti bisa jika anda serius.

Bagaimanakah caranya memulai usaha souvenir pernikahan ini ? Caranya mudah sekali anda bisa pergi ke toko pernak pernik asesoris pin atau apapun juga yang bentuknya unik misalnya ke toko gerabah untuk mencari barang yang unik atau ke toko manik-manik pokonya intinya barang tersebut unik dan menarik untuik dijadikan souvenir pernikahan.

Menekuni usaha souvenir pernikahan ini di butuhkan kratifitas yang tinggi agar usaha souvenir pernikashan ini bisa cepat berkembang. Variasi produk harus diutamakan dan di update dengan berbagai model souvenir yang baru agar tidak monoton.

Anda perlu banyak membaca buku atau media informasi lainnya tentang souvenir pernikahan untuk memperkaya perbendaharaan variasi produk dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara menembus ke acara pernikahan ?

Ada beberapa hal y6ang bisa anda lakukan, Salah satunya adalah bekerjasama dengan studio photo yang biasa menangani acara pernikahan  atau bisa juga dengan pengusaha salon perias pengantin atau bisa juga dengan pengusaha catering yang keduanya itu memang biasa menangani acara-acara pernikahan.

Anda perlu mengasah otak untuk mempunyai suatu ide sendiri yang leih baik agar usaha anda bisa berkembang dengan cepat. Cara lain untuk memasarkan produk anda adalah dengan menyebarkan iklan, misalnya dengan mernyebarkan brosur keberbagai tempat berkumpulnya orang-orang banyak misalnya, di acara arisan, pkk, dan sebagainya. Anda juga bisa memasang iklan di koran baris yang harganya sangat terjangkau.

Itulah informasi usaha souvenir pernikahan yang dapat saya sampaikan kepada anda. Saya akan terus update berbagai macam peluang usaha lainnya di blog ini

Jenis Jenis Peluang Usaha Bagi Pemula Dengan Modal Kecil

Berminat berbisnis? atau memiliki usaha ? . Pertanyaan ini banyak bergelayut di pikiran para pekerja. Keinginan memiliki kebebasan financial sering membuat mereka berkhayal memiliki sebuah usaha yang dapat menopang seluruh kebutuhan hidupnya. Namun ketika dihadapkan pada realita mereka untuk menentukan usaha / bisnis apa yang akan mereka masuki, lebih banyak mereka menggeleng, “aduh saya tidak tahu harus usaha / bisnis apa”. Yang terbaik adalah kita mencari peluang usaha yang terbaik terutama untuk pemula. Kenapa pemula? ya jelas, karena kita masih berstatus pekerja, bukan pengusaha.
Sedikit berbagi tanpa bermaksud menggurui saya akan membagi tips cara mencari peluang usaha terbaik untuk pemula dengan melalui 2 langkah yaitu:

Kenali diri anda, (membaca peluang dari diri kita sendiri)
Tidak seperti proses intropeksi pada diri ketika kita berbuat salah, tapi mengenali siapa diri kita sehingga pantas berusaha apa, dan apa yang saya dapat perbuat. Kenali diri anda dengan melihat lebih dalam kedalam diri secara objektiv, siapkan kertas dan jawab pertanyaan ini.
  1. Apakah saya menarik ? (wajah dan tubuh)
  2. Apakah saya pandai bergaul
  3. Apakah saya pandai menerangkan / menjelaskan
  4. Apakah saya terampil?
  5. Apakah saya senang di berada diluar ruangan?
Cukup 5 pertanyaan, jika jawaban kita mayoritas adalah ya, maka usaha yang paling tepat adalah usaha perdagangan atau usaha sektor jasa. Usaha ini dapat di perluas seperti usaha direct selling, MLM, usaha salon, jasa konsultan dan lain-lain. Be Creative.

Namun sebaliknya jika mayoritas jawaban anda adalah tidak, maka usaha yang di pilih lebih kearah usaha manufacture, produksi, ataupun profesional untuk special purpose (para profesional yang menangani suatu bidang yang spesifik, seperti konsultas IT, Konsultan sistem dan lain-lain.

Kenali Lingkungan Anda (Membaca peluang usaha dari lingkungan)

Ketika anda mengenali lingkungan bukan lagi anda bertanya, namun data yang kita pergunakan, baik data hasil pengamatan maupun laporan profesional seperti data statistik. Salah satu contoh dalam mengenali lingkungan.

Tumbuh suburnya minimarket di sekitar lingkungan tempat tinggal : artinya lingkungan telah menuntut kepraktisan, kebersihan, kelengkapan, kepastian dan kenyamanan. Situasi ini memberikan peluang usaha baru. misalnya usaha cuci salon mobil door to door, “loh apa hubungannya dengan minimarket?”. Yup. hubungannya bukan pada salon mobilnya tapi pada masyarakat kita yang menuntut kemudahan, kedekatan dan kepraktisan. Usaha salon mobil konvensional, menuntut pelanggan untuk data, namun usaha salon mobil inovatif malah berbuat sebaliknya dengan mendatangi pelanggan.

Membaca lingkungan ada harus kretif, inovatif tanpa itu, tidak ada peluang usaha yang terbaca dan menjadi peluang usaha yang terbaik untuk kita.

Inilah Prospek Peluang Usaha Baju Anak

Anak - anak sangat cepat pertumbuhannya, seiring dengan itu baju yang yang lama pasti tidak akan cukup lagi dipakai. Kalo baju yang ada sudah tidak muat dipakai tentunya akan membeli baju baru lagi. Tentu ini sebuah peluang usaha yang sayang kalo Anda lewatkan. Sebagai contoh saya bersama istri sedang menggeluti usaha baju anak ini. Saya menjualnya secara online via facebook dan juga menjualnya secara musiman setiap hari Minggu pagi di kawasan perumahan tempat saya tinggal. Karena setiap hari libur di pagi hari ramai para " pedagang dadakan " dan juga orang jalan - jalan. Berikut foto tkp nya.
suasana hari Minggu pagi di Perum Driyorejo Kota Baru, Gresik
Tentunya kesempatan ini tidak saya sia - siakan begitu saja, saya memutar otak mencari ide tentang apa yang akan saya jual di " pasar minggu " ini. Setelah cari - cari referensi di internet dan " blusuk an " di pasar -pasar yang ada di Surabaya akhirnya saya memutuskan untuk berjualan baju anak - anak. Awalnya saya tertarik dengan testimoni yang ada di internet di sebuah situs baju anak yang menawarkan paket usaha baju anak. Dengan modal 1 juta rupiah saya memutuskan mengambil paket mini dulu sebagai percobaan. Dari paket  ini saya mendapatkan beberapa model baju anak mulai setelan, legging, kaos, daster anak, celana, dan lain - lain, total sekitar 120 an potong baju. Tapi sayang baju - baju yang saya dapatkan kainnya tipis- tipis dan jahitannya tidak di obras sehingga mudah robek. Akhirnya saya jual dengan mengambil keuntungan 1000 - 3000 rupiah saja per potong nya. Itupun pembeli kadang masih menawar harga yang saya berikan. Yah daripada rugi kadang saya kasih harga beli nya, impas deh. Bagi Anda yang tertarik dengan peluang usaha ini sebaiknya Anda selektif memilih produsen yang ada di internet sekarang, memang iming - iming paket dan analisa bisnis nya lumayan menggiurkan, tapi setelah barang dikirm tidak sesuai dengan keinginan Anda. Saya sudah 2 kali salah memilih produsen, barang yang dijanjikan tidak sesuai dengan yang ada di foto sampelnya. Kecewa 2 kali deh akhirnya.hehehe..

Nah setelah 2 kali kecewa nih, hehee, akhirnya saya menemukan produsen baju anak spesialis kaos anak di tokobagus.com. Toko online ini tidak mempunyai website sendiri awalnya sehingga lumayan sulit ditemukan. Lokasinya di Bandung, barangnya bagus - bagus dan murah lagi, bahkan saya bisa mengambil keuntungan 100 % dari harga beli saya. Bayangkan aja harganya mulai dari 6.250 rupiah/potong nya dan yang yang paling besar harganya 11.250 rupiah saja. Tapi jangan kualitas kaosnya bagus - bagus lho. Sebenarnya beda ukuran beda harga, tapi saya menjualnya dengan harga 15.000 all size dengan dengan konsep serba 15.000. Berikut foto tkp nya.
para pembeli yang lagi borong kaos
Tak disangka tak diduga pertama kali saya menjualnya antusias masyarakat sangat tinggi, dan laku keras di daerah saya.

Sekian semoga bermanfaat..

Keuntungan Dari Usaha Keripik Buah Dan Keripik Sayur

Ingin memulai usaha keripik buah dan kripik sayur ? Tentu ada beberapa hal yang harus Anda siapkan agar usaha Anda cepat berjalan dan sukses.


Saat Anda ingin memulai usaha keripik buah dan kripik sayur, hal-hal yang perlu Anda siapkan antara lain :

1. Modal Usaha
Modal awal untuk memulai usaha ini dialokasikan untuk membeli peralatan / mesin vacuum frying. Kapasitas mesin ideal untuk usaha minimal 5 kg/proses. Memang kami juga membuat mesin dengan kapasitas lebih kecil, namun kalau tujuan untuk usaha sebaiknya yang 5 kg ke atas. Pertimbangannya, biaya operasional mesin 1,5 kg – 5 kg nyaris sama. Anda bayangkan saja, lama menggoreng hampir sama 45 menit, pemakain LPG hampir sama juga, tenaga kerja tentu juga sama.
Sehingga berdasarkan pertimbangan efisiensi, maka pilih kapasitas mesin yang 5 kg. Tapi jika Anda punya dana berlebih, silahkan memilih mesin yang kapasitas lebih besar, agar lebih efisien lagi

2. Lokasi Produksi
Lokasi produksi digunakan sebagai tempat Anda nanti memproduksi keripik buah dan sayur. Luas ruangan minimal 2×2 m, jika bisa lebih besar tentu lebih baik lagi.

3. Listrik
Mesin vacuum fryer yang kami produksi menggunakan listrik rata-rata 750 watt/ 220 V untuk kapasitas 5 kg PV1 (instalasi listrik minimum berarti 900 watt). Kalau kapasitas 10 kg PV1 2200 watt / 220 V (instalasi listrik minimum rumah Anda berarti harus di atasnya).

4. Bahan Baku
Anda ingin produksi keripik apa ? Semua terserah Anda. Masing-masing daerah biasanya punya produk buah tertentu yang berlimpah. Seperti di Malang misalnya yang berlimpah akan buah apel, sehingga keripik apel bisa menjadi produk andalan keripik buah di sini. Demikian juga kalau di Lumajang, yang berlimpah buah nangka. Di Daerah Anda buah apa yang berlimpah ?
Saya yakin, hampir semua buah dan sayur ada di daerah Anda. Anda bisa memproduksi aneka keripik buah dan sayur dengan mudah
Bahan lain yang perlu Anda siapkan adalah minyak goreng dan LPG. Anda bisa memilih minyak goreng yang bermerek jika memungkinkan. Menggunakan minyak goreng tanpa merek yang dijual di pasar bisa saja, hanya kadang kalau minyak gorengnya tidak jernih maka hasil keripik biasanya warna tidak bisa sempurna.

5. Siap Berwirausaha
Bagaimanapun juga, saat Anda memutuskan menjadi pengusaha keripik buah dan kripik sayur, Anda harus siap untuk berwirausaha. Ini tentu sama dengan memulai usaha-usaha lainnya. Fisik, mental dan spiritual harus siap meniti jalur entrepreneur

Peluang Usaha Tanpa Modal - 2013 Terbaru

Masih banyak di antara kita yang berpikiran bahwa “untuk buka usaha itu butuh modal”. Sebenarnya ada beberapa jenis usaha yang tidak memerlukan modal, serta relatif aman dari risiko kerugian. Diantaranya adalah Peluang Usaha Dropshipping Online.

Apa itu dropshipping? Usaha jenis ini merupakan penjualan produk yang memungkinkan dropshipper (reseller) menjual barang ke pelanggan dengan bermodalkan foto dari supplier/toko (tanpa harus menyetok barang) dan menjual ke pelanggan dengan harga yang ditentukan oleh dropshipper.

Setelah pelanggan mentransfer uang ke rekening dropshipper, dropshipper membayar kepada supplier sesuai dengan harga beli dropshipper (ditambah dengan ongkos kirim ke pelanggan) serta memberikan data-data pelanggan (nama, alamat, no.hp) kepada supplier. Barang yang dipesan akan dikirim oleh supplier ke pelanggan/pembeli. Tetapi nama pengirim yang tercantum tetaplah nama sang dropshipper.

Berikut penjelasan gambarnya
Peluang Usaha Online 2012 Tanpa Modal 100% Gratis

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Jenis usaha modal minim adalah jenis usaha yang sekarang ini sedang banyak dicari oleh masyarakat, disamping itu juga ini merupakan peluang usaha yang cocok dijalankan dan dikembangkan.

Ditengah sulitnya mencari lapangan pekerjaan, PHK sudah menjadi hal yang wajar, membuat para pekerja/buruh harus memutar otak untuk bisa menemukan jalan keluar demi kelangsungan hidup keluarga, akan tetapi mereka selalu terbentur dengan modal yang kecil dan cenderung kurang untuk memulai sebuah usaha, padahal banyak peluang-peluang usaha yang hanya membutuhkan modal yang kecil serta kemauan dan keuletan maka peluang itu layak dipertimbangkan.
Dibawah ini ada beberapa jenis peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang minim, diantaranya :
  1. Bisnis pulsa elektrik, hanya dengan menginvestasikan Rp. 50.000,- s/d Rp. 200.000,- saja anda bisa memulai menjual pulsa melalui hp yang Anda miliki.
  2. Pembuatan website untuk orang awam, Hanya dengan menginvestasikan Rp. 200.000,- s/d Rp. 300.000.-  saja untuk pembelian domain dan sewa hosting, anda bisa membuat website instan langsung jadi tanpa perlu belajar PHP dan HTML.
  3. Menjadi Affiliate pada situs-situs Afiliasi yang banyak bertebaran di jagat internet, dengan bermodal Rp. 0,- Rp. 300.000,-
  4. Budi daya ikan cupang, Anda hanya perlu mengeluarkan modal sebesar Rp. 5.000,- s/d Rp. 10.000,- untuk sepasang sebagai indukan.
  5. Usaha bawang goreng, hanya perlu modal Rp. 100.000,- s/d Rp. 500.000,-
Dan masih banyak lagi sebenarnya jenis-jenis usaha dengan modal usaha minim, tergantung dari kemauan kita dan keuletan kita untuk menekuni peluang usaha jenis modal minim ini.

Untuk sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan disini, besok-besok kalau saya menemukan dan saya uji terlebih dahulu maka saya akan berbagi dengan sahabat semua disini.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Salon Kecantikan

Bisnis yang menyangkut kaum wanita memang tidak pernah membosankan. Selain fashion, kecantikan adalah salah satu usaha yang berpeluang besar untuk perempuan.Perempuan untuk tampil cantik biasanya tidak akan segan-segan mengeluarkan uang yang cukup banyak.Kita sebagai perempuan bisa memnfaatkan peluang ini untuk membuka salon kecantikan. Kelebihan dari salon kecantikan itu adalah: selalu dicari orang, karena siapapun orang selalu butuh penampilan yang baik dan prima. Kelebihannya lagi adalah bisa mendapatkan pemasukan dari pelanggan yang loyal. Akan tetapi perlu dicermati, karena ini adalah bisnis di bidang jasa, kepuasan pelanggan adalah segalanya.
Ada beberapa hal yang perlu anda cermati sebelum memulai usaha ini, antara lain:

1. Cintailah bidang yang ingin anda geluti
Anda harus tertarik dengan masalah kecantikan, apakah akan anda terbiasa berdandan setiap hari? Meski anda seorang pemilik, anda harus punya tujuan yang jelas tentang bisnis ini
2. Survei Pesaing
Survei sangat penting untuk membedakan kelebihan salon anda dengan salon lainnya. Cari tahu apa kelebihan dan apa kekurangan salon disekitar tempat usaha anda.Agar anda bisa menemukan keunikan usaha anda dibandingkan dengan yang lain.
3. Ketahui Pelanggan Anda
Disini anda harus mengatahui apa kebutuhan pelanggan, dari mulai tahu kebutuhan akan perawatan salon apa saja yang mereka butuhkan dan berapa harga yang pas untuk dijadikan harga jasa. 
4.Belajar Banyak tentang Kecantikan
Meskipun anda sudah menyukai tentang kecantikan bukan berarti anda harus langsung tancap gas untuk langsung membuka usaha ini tanpa pengatahuan yang banyak. Anda bisa belajar di tempat kursus pilih sesuai waktu dan biaya yang cocok. Carilah informasi dari sumber lain, misal nya bahan bacaan dan seminar. Dan yang tak kalah penting, meskipun anda hanya ingin dibalik layar, anda harus mempunyai pengatahuan yang memadai dan tahu tentang management pengelolaan salon.Anda sangat disarankan untuk mendapatkan pengesahan atas keterampilan yang dimiliki melalui proses sertifikasi karena dengan demikian kemampuan anda akan diakui
5. Latihan sebanyak-banyaknya
Karena bisnis ini sangat mengutamankan keterampilan, maka anda harus berlatih sebanyak mungkin.Anda bisa bekerja terlebih dahulu dengan salon lain atau tidak ada salahnya anda langsung membuka salon.
6. Ciptakan tempat yang bersih dan nyaman
Ke salon bagi beberapa orang tidak sekedar ingin merawat diri, melainkan tempat bersantai dan melepas kepenatan. Salon yang nyaman dan bersih sangat mendukung hal tersebut. 
7. Gencar Promosi
Jika anda membuka usaha apapun, hal utama untuk memulai adalah melakukan promosi. Jika hanya menunggu orang yang datang dijamin kita akan gulung tikar dengan cepat. Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara, antara lain: dari mulut ke mulut, dengan flier, iklan di koran atau promosi online.
8. Miliki Nama yang Unik
Nama sebaiknya dibuat mudah atau menyesuaikan dengan nama di sekitar lingkungan anda
9. Sediakan beberapa layanan
Layanan hendaknya diberikan lebih dari satu,agar bisa menjaring lebih banyak konsumen
10.Gunakan Produk dan peralatan yang aman
Selalu gunakan peralatan dan bahan-bahan kecantikan sesuai dengan standard jangan bermain api dengan menyediakan bahan dan alat yang berbahaya, karena nama baik anda dan salon anda adalah taruhannya.
11.Professional Meski di Rumah
Meski anda membuka salon dirumah bukan berarti anda bisa seenaknya. Ada aturan dan etika berbisnis hingga anda harus selalu tampil fresh dan cantik karena anda adalah pemilik salon kecantikan.
12.Bekerja sama dengan Orang lain
punya karyawan yang memiliki ketrampilan memadai jika anda adalah pemilik salon, atau patner kerja yang punya keterampilan memadai
13.Memiliki sifat sabar dan tekun
Dalam bisnis apapun anda harus mempunyai kesabaran dan ketekunan. Hal inilah yang akan membuat anda semakin matang dalam berwirausaha dan menjadi pengusaha salon kecantikan yang sukses.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua.

Panduan Membuka Usaha Bubur Ayam

Bubur ayam adalah jenis kuliner dari beras yang dimasak hingga lunak. Di Indonesia terdapat beberapa jenis bubur ayam, yang dikelompokkan berdasarkan asal daerahnya. Ada bubur manado, bubur ayam sukabumi, bubur ayam garut, bubur ayam jakarta, bubur ayam madura, bubur mengguh dari Bali, bubur ayam tinotuan dari Sulawesi Utara, dan bubur lamak asal Sumatra Barat.
Sebagai gambaran, untuk membuat 6 sampai 7 liter beras menjadi bubur dibutuhkan waktu sekitar 7 jam. Selama dimasak, bubur harus diaduk agar tidak menempel di panci atau dandang. Pengadukan dilakukan setidaknya setengah jam sekali setelah beras mulai lunak. Sementara itu, daging ayam yang digunakan sebagai taburannya harus terlebih dulu direbus lalu digoreng sebelum disuwir – suwir untuk ditambahkan di atas bubur.
Bubur ayam biasanya disajikan dalam mangkuk, lengkap dengan kuah kaldu, suwiran daging ayam, cakwe potong, emping atau kerupuk, bawang goreng, irisan daun seledri dan daun bawang, serta sambal.
Deskripsi Usaha Bubur Ayam
Bahan Baku
Enak tidaknya bubur ayam sangat tergantung pada jenis beras yang digunakan sebagai bahan bakunya. Oleh karena itu, gunakan beras yang pulen, misalnya beras cianjur. Daging ayam yang digunakan juga harus yang masih segar. Hasil rebusan daging ayam segar akan menghasilkan kaldu gurih yang bisa dijadikan kuah bubur lezat. Adapun bahan tambahan untuk membuat kuah bubur adalah bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, serai, dan garam.
Beberapa jenis bubur ayam, seperti bubur ayam sukabumi dan bubur ayam garut juga menambahkan sate ati untuk dinikmati bersama bubur. Bahkan, ada juga yang menambahkan telur rebus atau setengah matang ke dalam hidangan bubur.
Tempat Usaha
Bubur ayam bisa dijual dengan cara berkeliling menggunakan gerobak atau dijual di tenda dan warung khusus. Jika belum mempunyai modal yang cukup, Anda bisa memulai usaha dengan hanya menggunakan gerobak dan berjualan secara tetap di satu tempat strategis, misalnya di depan sekolah, di kompleks perumahan, atau di sekitar pasar dan pusat perbelanjaan. Mempunyai sebuah tempat mangkal tetap dapat menghemat tenaga Anda karena tidak perlu berkeliling. Selain itu, pelanggan pun tidak perlu bingung ketika ingin membeli bubur Anda.
Salah satu syarat utama ketika ingin mendirikan usaha kuliner adalah memilih tempat usaha yang banyak dikunjungi orang. Salah satu alternatifnya adalah berjualan di depan minimarket yang kini banyak bermunculan, baik di perkotaan maupun pedesaan. Dalam sehari sebuah minimarket bisa dikunjungi puluhan sampai ratusan orang. Dan, dari sekian banyak orang itu, ada kemungkinan beberapa di antaranya akhirnya tertarik membeli bubur Anda. Agar bisa mangkal di depan minimarket bersangkutan untuk menawarkan kerja sama.
Perlengkapan Usaha
Perlengkapan yang diperlukan untuk berjualan bubur ayam di antaranya tenda – jika Anda ingin berjualan bubur ayam di kaki lima – gerobak atau etalase, peralatan masak – seperti kompor dan dandang besar – peralatan makan, serta meja dan kursi untuk konsumen yang ingin makan di tempat. Berikut adalah beberapa perkiraan harga perlengkapan usaha bubur ayam.
Perlengkapan
Harga (Rp)
Tenda (terpal)
Gerobak/etalase
Kompor dan tabung gasnya
Panci besar
Mangkuk, piring plastik tempat kerupuk, sendok,  gelas
Serbet dan ember untuk air cuci piring
Meja dan kursi
200.000 – 300.000
1.500.000 – 2.000.000
200.000 – 300.000
100.000 – 200.000
100.000 – 200.000
50.000 – 100.000
200.000 – 300.000

Karyawan
Jika memutuskan untuk berjualan bubur ayam di tenda kaki lima, Anda tidak perlu mempekerjakan karyawan. Selain akan membebani biaya operasional, semua kegiatan usaha kaki lima masih bisa Anda jalankan sendiri tanpa bantuan karyawan. Namun, ketika usaha Anda semakin ramai, tak ada salahnya jika Anda merekrut seorang karyawan untuk membantu Anda. Jika belum mampu membayar gaji bulanan, Anda bisa membayarnya dengan sistem upah harian, yang kisarannya antara Rp 50.000 – Rp 70.000.
Promosi
Promosi sederhana untuk usaha bubur ayam Anda dengan memasang spanduk di depan tempat usaha sudah cukup untuk memperkenalkan usaha kepada khalayak ramai. Promosi paling efektif bagi usaha kuliner berskala kecil adalah promosi dari mulut ke mulut. Promosi jenis ini baru akan terjadi jika konsumen puas dengan cita rasa bubur ayam Anda.
Harga Bubur Ayam
Di pasaran, harga seporsi bubur ayam sangat bervariasi, tergantung dari banyak serta lengkap tidaknya bubur ayam tersebut. Biasanya, kisaran harga bubur ayam adalah Rp 5.000 – Rp 8.000. Harga ini di luar harga sate ati dan makanan pelengkap lainnya. Satu tusuk sate ati dihargai antara Rp 1.000 – Rp 1.500.
Risiko Usaha
Lokasi yang tidak terlalu strategis menjadi risiko yang biasa dihadapi para pedagang bubur. Apalagi, berjualan bubur sangat terikat pada waktu. Umumnya, orang akan membeli bubur ayam di pagi hari untuk sarapan atau di malam hari sebagai menu makan malam. Oleh karena itu, pilihlah tempat usaha yang ramai di waktu pagi dan malam hari, seperti kawasan di sekitar perumahan penduduk atau di sekitar perkantoran.
Contoh Resep
  Bubur Ayam Sukabumi
Bahan – bahan :               
  • 250 gr beras
  • 2 lbr daun salam
  • 2 liter air kaldu ayam
  • 2 sdt garam
Bahan – bahan untuk kuah :
  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt lada
  • 3 sdm kecap manis
  • 750 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • ½ biji pala
Bumbu – bumbu yang dihaluskan :
  • 8 siung bawang merah
  • 1 cm kunyit
  • 5 btr kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
Pelengkap :
  • Ayam goreng disuwir – suwir
  • 1 btg seledri diiris tipis
  • 100 gr kerupuk/emping
  • 3 btg cakwe diiris tipis
  • 50 gr kedelai goreng
  • Sate ati
Cara Membuat :
  1. Rebus ayam bersama air dan garam hingga ayam lunak, pisahkan kaldunya.
  2. Bubur : masak beras bersama air kaldu ayam, tambahkan daun salam hingga beras pecah. Masukkan garam, masak terus hingga beras menjadi bubur dan agak kental. Bila perlu bisa tambahkan air.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, masukkan dalam rebusan ayam. Lalu, rebus kembali ayam.
  4. Masak hingga kaldu mendidih, tambahkan biji pala, lada, dan kecap.
  5. Angkat ayam, sisihkan kaldunya.
  6. Goreng ayam hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan, lalu suwir – suwir.
  7. Penyajian : simpan bubur dalam mangkuk, beri kuah, taburi cakwe, kacang kedelai, ayam suwir, dan seledri. Beri sambal dan kerupuk. Sajikan bubur dengan sate ati.
Analisis Usaha Bubur Ayam
Asumsi
  1. Masa pakai tenda 3 tahun
  2. Masa pakai gerobak/etalase 3 tahun
  3. Masa pakai kompor dan tabung gasnya 3 tahun
  4. Masa pakai panci besar 3 tahun
  5. Masa pakai peralatan makan 2 tahun
  6. Masa pakai perlengkapan tambahan (serbet dan ember) 2 tahun
  7. Masa pakai meja dan kursi 3 tahun
Investasi
Investasi
Nilai (Rp)
Tenda (terpal)
Gerobak/etalase
Kompor dan tabung gasnya
Panci besar
Mangkuk, piring plastik tempat kerupuk, gelas, sendok
Serbet dan ember untuk air cuci piring
Meja dan kursi
200.000
1.500.000
200.000
100.000
200.000
50.000
200.000
Total investasi
2.450.000

Biaya Operasional per Bulan
Biaya
Nilai (Rp)
Biaya tetap :
Penyusutan tenda 1/36 x Rp 200.000
Penyusutan gerobak/etalase 1/36 x Rp 1.500.000
Penyusutan kompor dan tabung gas 1/36 x Rp 200.000
Penyusutan panci besar 1/36 x Rp 100.000
Penyusutan peralatan makan 1/24 x Rp 200.000
Penyusutan perlengkapan tambahan 1/24 x Rp 50.000
Penyusutan meja dan kursi 1/24 x Rp 200.000
Gaji karyawan

5.555
41.666
5.555
2.777
8.333
2.083
8.333
500.000
Total biaya tetap             
574.302
Biaya variabel :
Beras (5 liter x Rp 5.000/liter x 30 hari)
Ayam (2 ekor x Rp 18.000/ekor x 30 hari)
Jeroan ayam (2 kg x Rp 12.000/kg x 30 hari)
Bumbu dan bahan pelengkap (Rp 50.000/hari x 30 hari)
Gas ukuran 3 kg (Rp 13.000/tabung x 30 hari)
Kotak styrofoam (50 buah x Rp 500/buah x 30 hari)
Sewa tempat
Retribusi                                                                        

750.000
1.080.000
720.000
1.500.000
390.000
750.000
300.000
50.000
Total biaya variabel                     
5.540.000
Total biaya operasional
6.114.302

Pemasukan per Bulan
  • Penjualan bubur ayam :
          50 porsi x Rp 6.000 x 30 hari = Rp 9.000.000
  • Penjualan sate ati :
          50 tusuk x Rp 1.500 x 30 = Rp 2.250.000
  • Total pemasukkan :
          Rp 9.000.000 + Rp 2.250.000 = Rp 11.250.000
Keuntungan per Bulan
Laba       = total pemasukkan – total biaya operasional
                = Rp 11.250.000 – Rp 6.114.302
                = Rp 5.135.698
Lama Balik Modal
Lama balik modal             = total investasi/keuntungan
                                                = Rp 2.450.000/Rp 5.135.698
                                                = 0,48 bulan – 14 hari
TipsMenjalankan Usaha
  • Walaupun umumnya bubur ayam dijual dari pagi sampai siang hari sebagai menu sarapan, tak ada salahnya jika Anda juga menjual bubur ayam di sore sampai malam hari untuk makan malam. Apalagi, kini semakin banyak saja orang yang memilih bubur sebagai menu makan malam mereka.
  • Biasanya, sebuah usaha bubur ayam kaki lima digelar dengan menggunakan tenda yang dilengkapi sebuah meja dan bangku panjang. Namun, jika Anda ingin usaha bubur ayam Anda berbeda dari yang lain, konsep warung lesehan bisa juga digunakan di warung Anda. Selain terlihat lebih unik, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli/membuat meja dan kursi. Sebagai gantinya, Anda cukup menggelar tikar/terpal.

Artikel Lainnya